//
you're reading...
04. Logistics on News

Mengapa TOYOTA?

Tahun 2008 Toyota resmi mengungguli GM (General Motor) dan menjadi penjual mobil nomor satu dunia (Kompas Kamis, 29 Januari 2009). Berita itu saja sebenarnya cukup untuk memberi alasan kenapa kita perlu belajar dari Toyota. Namun demikian, ada beberapa alasan lain kenapa belajar dari Toyota menjadi ‘wajib’ :

• Toyota pertama kali menjadi perhatian dunia pada era 80-an ketika konsumen memperhatikan bahwa mobil-mobil Toyota berumur lebih lama dan memerlukan perbaikan lebih sedikit dibandingkan mobil-mobil Amerika.

• Pada tahun 90-an makin nampak keistimewaan Toyota dibandingkan produsen mobil lain, bahkan dengan sesama produsen mobil Jepang sekalipun. Toyota mendisain mobil lebih cepat, lebih handal, biaya lebih kompetitif, dengan tetap membayar upah para pekerjanya dengan standard lebih tinggi.

• Pada tahun 2003 Toyota menjadi produsen terbesar no. 3 di dunia setelah GM (General Motor) dan Ford.

• Keuntungan tahunan Toyota pada 2003 lebih besar dari gabungan keuntungan yang diperoleh GM, Ford, dan Chrysler. Juga merupakan keuntungan tahunan terbesar untuk kategori produsen mobil dalam 10 tahun terakhir.

• Ketika harga saham GM, Ford, dan Chrysler turun pada tahun 2003, harga saham Toyota naik 24 %.

• Toyota dengan cepat membangun kapasitas produksi barunya di Amerika Serikat, pada saat produsen mobil Amerika sedang memikirkan untuk menutup pabrik, menurunkan kapasitas produksi, dan memindahkan produksi ke negara lain.

• Camry menjadi mobil penumpang dengan penjualan tertinggi di Amerika dan Corolla menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di dunia untuk kategori mobil kecil.

• Untuk kategori kendaraan mewah, penjualan Lexus melampaui BMW, Cadillac, dan Mercedes Benz di Amerika.

• “Toyota Production System” telah memicu transformasi global dimana hampir setiap industri menerapkan konsep tersebut. Pekerja-pekerja Toyota pun banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di hampir setiap industri di seluruh dunia karena keahlian mereka.

• Toyota mempunyai kemampuan proses pengembangan produk tercepat, yaitu sekitar 12 bulan, dimana yang lain memerlukan waktu antara 2 -3 tahun.

• Beberapa waktu yang lalu muncul berita bahwa Volkswagen (VW) telah menggeser Toyota sebagai penjual mobil terbesar dunia. Tetapi berita itu kemudian cepat dapat dibantah karena data yang dipakai tidak valid. Data yang dipakai untuk VW adalah data gabungan termasuk mobil-mobil dengan merek lain yang bekerjasama dengan VW, sementara Toyota hanya merek Toyota saja. Setelah data Toyota digabungkan dengan merek lain yang juga grup Toyota (Daihatsu, Hino, dll), maka angka penjualan Toyota masih jauh lebih tinggi. Disamping itu, angka penjualan VW terdongkrak naik karena ada kebijakan subsidi pemerintah Jerman untuk membeli mobil baru yang memicu pembelian mobil baru besar-besaran di Jerman. Jika kebijakan itu dicabut, tentu saja angka penjualan akan menurun.

sumber : blog lean-indonesia

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: