//
you're reading...
05. Kaizen Corner

Kiat-kiat Menjaga Perbaikan Berkelanjutan

Salah satu aspek yang paling sulit untuk memperkenalkan dan menerapkan Kaizen (perbaikan terus menerus) adalah bagaimana menjamin kontinuitas perbaikan.

Ketika sebuah perusahaan memperkenalkan sesuatu yang baru, seperti lingkaran kualitas, atau manajemen kualitas total (TQM), umumnya mereka dapat mencapai yang diharapkan pada awal pelaksanaan, tetapi hal tersebut segera menghilang layaknya ditelan bumi.

Lantas, kiat apa saja yang dapat mendukung terjaganya kontinuitas perbaikan tersebut?

  1. Komitmen manajemen puncak
  2. Komitmen manajemen puncak
  3. Komitmen manajemen puncak
  4. Menyiapkan sebuah organisasi yang berdedikasi untuk mempromosikan Kaizen
  5. Penunjukan personil terbaik untuk mengelola proses Kaizen
  6. Melakukan pelatihan dan pendidikan
  7. Menetapkan langkah-demi-langkah proses untuk pengenalan Kaizen.

Semua kondisi adalah penting. Tanpa manajemen puncak mendukung setiap gerakan, bagaimanapun prasyarat lainnya seakan tiada artinya.

Manajemen puncak dapat mengekspresikan komitmen dalam berbagai cara, dan harus mengambil setiap kesempatan untuk memberitakan pesan, menjadi pribadi terlibat dalam menindaklanjuti kemajuan Kaizen, dan mengalokasikan sumber daya untuk implementasi yang sukses.

sumber : 1000ventures

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: