//
you're reading...
05. Kaizen Corner

Apa itu Kaizen?

Kaizen berarti “perbaikan”. Strategi Kaizen panggilan untuk tidak pernah berakhir upaya untuk perbaikan yang melibatkan setiap orang dalam organisasi – manajer dan karyawan.

Manajemen memiliki dua fungsi utama:

1. Pemeliharaan, dan
2. Perbaikan.

Tujuan dari fungsi pemeliharaan adalah untuk menjaga arus teknologi, manajerial, dan standar operasi. Fungsi perbaikan adalah bertujuan untuk meningkatkan standar saat ini.

Dalam fungsi pemeliharaan, manajemen harus terlebih dahulu menetapkan kebijakan, aturan, arahan, dan prosedur operasi standar (SOP) dan kemudian bekerja untuk memastikan semua orang yang mengikuti SOP. Yang terakhir ini dicapai melalui kombinasi disiplin dan langkah-langkah pengembangan sumber daya manusia.

Adapun fungsi perbaikan, manajemen bekerja terus menerus untuk merevisi standar saat ini, dan mengembangkan standar yang lebih tinggi. Peningkatan bisa dipecah menjadi inovasi dan Kaizen. Inovasi melibatkan peningkatan drastis dalam proses yang ada dan memerlukan investasi yang besar. Sedangkan Kaizen berarti perbaikan kecil sebagai hasil dari upaya yang terus menerus dikoordinir oleh setiap karyawan.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: