//
you're reading...
02. Sharing Corner

5 Kiat Meeting yang Efektif

Seringkali meeting menghabiskan waktu terlalu banyak namun tidak banyak hasil yang dicapai. Lantas, bagaimana supaya hal ini tidak terjadi?

  1. Kirimkan agenda meeting setidaknya satu hari sebelumnya, mendorong orang untuk memahami materi dan menambah item baru yang diperlukan sebelum meeting dilakukan
  2. Tentukan waktu untuk rapat, mulai dan berakhir pada waktu.
  3. Disiplin dengan agenda dan target yang tentukan – untuk membuat keputusan, untuk menyebarkan informasi, untuk mendorong perubahan internal, untuk merespon perubahan eksternal, untuk bertukar ide dan pengalaman, maupun untuk mengembangkan kerja sama tim. Luangkan waktu untuk berdiskusi, namun tetap fokus pada topik yang dibahas.
  4. Mintalah orang-orang penting untuk menyampaikan pendapat mereka. Diam tidak selalu berarti persetujuan.
  5. Catat keputusan, tugas dan tindakan yang telah disepakati. Sampaikan ringkasannya di akhir pertemuan. Buatlah kesepakatan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan hasil keputusan tersebut, serta tentukan pertemuan berikutnya.

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: