//
you're reading...
04. Logistics on News

Pemerintah Bentuk Tim Logistik Nasional

SURABAYA – Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan pemerintah segera membentuk tim logistik nasional di bawah kendali Kementerian Koordinator Perekonomian. “Kami sudah setuju, dalam 1-2 bulan ke depan tim ini sudah terbentuk,” kata Mari Elka di Sidoarjo, Jawa Timur, pekan lalu.

Pemerintah berkewajiban meningkatkan perdagangan domestik antarpulau. Tim logistik, menurut dia, akan bertugas memetakan kendala pada perdagangan antarpulau. Misalnya soal akses transportasi, koneksitas, atau peraturan yang menghambat perdagangan itu.

Setelah tim nasional bekerja, kata dia, akan diketahui masalah utama dalam pengembangan perdagangan antarpulau, seperti kendala fisik transportasi, pelabuhan, atau peraturan. “Setelah data terhimpun, kami akan mengkonsolidasikan dengan pemangku kepentingan dan dunia usaha “tuturnya.

Tim itu bekerja dengan dasar peraturan presiden. “Jadikepastian tim mulai bekerja tergantung Presiden,” katanya. Pemerintah sebenarnya mempunyai cetak biru dalam meningkatkan perdagangan domestik, yang memiliki rencana jangka panjang dan pendek. “Aksi jangka pendek bertujuan meningkatkan arus barang dan daya saing,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Soebagyo mengatakan nilai perdagangan antarpulau sangat rendah. Perdagangan antarpulau membutuhkan biaya transportasi yang tinggi. Akibatnya, daya saing komoditas lokal masih kalah oleh komoditas dari luar negeri.

Dalam hal transportasi, umpamanya, komponen biaya angkutan barang bisa mencapai 30 persen dari total biaya produksi untuk rata-rata seluruh komoditas. Jumlah itu terlalu tinggi ketimbang biaya transportasi di negara lain, yang hanya menyumbang 10-15 persen terhadap keseluruhan biaya produksi.

19 Jul 2010 – Koran Tempo – sumber : bataviase

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: