//
you're reading...
03. Lean Operation

Definisi Lean Production

Lean produksi dimulai sebagai suatu teknik manufaktur untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas. Fokus utamanya adalah kecepatan output dengan eliminasi limbah. Sampah adalah segala sesuatu yang tidak menambah nilai produk akhir. Banyak industri manufaktur selain dari sekarang mengadopsi prinsip-prinsip lean.

Sejarah

Henry Ford adalah salah satu yang pertama untuk memahami alur kerja dan mempekerjakan otomatisasi untuk produksi massal. Sekitar 25 tahun kemudian, Kiichiro Toyoda di Toyota melakukan banyak revisi atas pemikiran Ford dan mengembangkan Toyota Production System, yang berfokus pada pencocokan mesin untuk alur kerja, setup produksi yang cepat dan mengubah mesin untuk mendukung berbagai produk dan penghapusan limbah.

Value-Added

Fokus lean manufacturing adalah nilai. Setiap langkah atau proses yang memberikan nilai tambah pada produk akhir akan disimpan. Apa pun yang tidak menambah nilai adalah sampah dan harus dihilangkan. Menilai fungsi nilai tambah adalah langkah pertama dalam lean production. Setelah itu, kita akan dapat mulai menghilangkan limbah.

Oleh Ann Deiterich, sumber : eHow.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: