//
you're reading...
03. Lean Operation

Apa Manfaat Value Stream Mapping?

Value Stream Mapping adalah salah satu upaya dari teknik perbaikan berkelanjutan. Value stream mapping dapat membantu mendapatkan pengertian luas tentang bisnis Anda dan bagaimana cara kerjanya, dan membantu manajer membuat perbaikan proses bisnis. Ada kalanya Value Stream Mapping, dengan sekali proses pemetaan, dapat memberikan kontribusi keuntungan bisnis selama bertahun-tahun.

Memberikan gambaran besar keseluruhan proses

Ketika Anda mulai memetakan proses bisnis Anda melalui value stream mapping, mungkin Anda akan menemukan insight baru tentang bisnis yang tengah anda geluti. Terkadang dapat memberikan wawasan tentang masalah atau kemacetan dalam struktur bisnis Anda yang mungkin belum tergambar sebelumnya. Hal ini penting untuk melihat value stream sebagai storyboard, menceritakan kisah tentang bagaimana produk atau jasa Anda hingga ke tangan pelanggan Anda. Memiliki representasi visual dari cerita bisnis yang memungkinkan Anda untuk melihat bagian penting, mutlak diperlukan.

Value Stream Mapping memberikan suatu bentuk komunikasi visual yang besar di antara semua pihak yang terlibat. Value Stream Mapping membantu mengidentifikasi limbah atau proses yang tidak memberikan nilai tambah.

Salah satu manfaat terbesar dari nilai pemetaan aliran adalah bahwa Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi limbah yang masih terdapat dalam proses bisnis Anda. Apapun yang tidak memberikan nilai tambah kepada pelanggan maka ia adalah limbah, berupa over produksi, menunggu, transportasi, proses berlebihan, inventory, gerakan dan cacat/kerusakan.

Value Stream Mapping membuatnya mudah untuk memahaminya secara visual serta mengidentifikasi di mana limbah terjadi dan bagaimana Anda dapat menangani atau memperbaikinya. Anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk berkomunikasi dengan tim Anda dan para stakeholder.

Value stream mapping memungkinkan untuk dijadikan sebagai alat simulasi, tanpa membahayakan proses bisnis. Anda dapat menggunakan value stream mapping untuk merencanakan sebuah perbaikan, dengan penuh keyakinan dan lebih mudah.

Oleh Alexander Cequea, eHow

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: