//
you're reading...
03. Lean Operation

Apa Lean Logistics Itu?

Manajemen Rantai Pasokan (SCM) adalah pengelolaan suatu jaringan bisnis yang saling berhubungan yang terlibat dalam penyediaan akhir paket-paket produk dan layanan yang diperlukan oleh pelanggan akhir (Harland, CM 1996). SCM dikembangkan dari waktu ke waktu untuk membantu secara efektif mengkoordinasikan pengadaan suku cadang dan material antara organisasi yang terhubung melalui proses suplai mereka. Manajemen Rantai Pasokan meliputi semua gerakan dan penyimpanan bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi dari titik asal ke titik konsumsi (Wikipedia – Supply Chain Management).

Dalam perekonomian hari ini domestik dan global, grosir, distributor, produsen, pengecer, pemasok, dan semua orang yang bersangkutan dalam rantai pasokan berada di bawah tuntutan untuk mengurangi dan menyeimbangkan biaya, waktu dan persediaan untuk tetap dapat memenuhi tuntutan pelanggan. Cara terbaik bagi mereka untuk mencapai tujuan ini adalah untuk menerapkan Lean Logistics.

Lean logistics difokuskan pada menghilangkan limbah dari rantai pasokan internal dan eksternal dengan mengurangi persediaan yang berlebihan, waktu pengisian dan biaya yang tidak perlu. Rantai pasokan dalam konsep Lean Logistics dirancang dengan sistem pull/tarik, bukan push/dorong.

Lean logistics menyajikan beberapa tantangan bisnis karena banyaknya aspek yang harus dipertimbangkan di sepanjang rantai pasokan. Pada produk berskala global, lean logistics memiliki tantangan yang jauh lebih besar karena waktu yang diperlukan untuk pengiriman mereka yang jauh lebih lama. Selain itu, seringkali ada banyak pihak yang berbeda yang akan terlibat langsung dengan setiap pengiriman. Beberapa sumber menyatakan bahwa ia memerlukan setidaknya 17 organisasi yang berbeda untuk menangani satu pengapalan tunggal. Organisasi-organisasi ini akan menjadi pemasok, terminal, sopir truk, freight forwarder, broker pabean, kereta api, udara dan laut operator, dll. Jadi membawa logistik pada rantai pasokan yang besar dan multi transaksi bukanlah tugas yang mudah.

Dewasa ini, ekonomi global dan domestik memaksa perusahaan untuk mengubah cara mereka melakukan bisnis. Mereka berorientasi pada pengurangan biaya dan peningkatan kualitas. Meskipun tidak mudah dalam penerapannya, mereka berupaya untuk mengidentifikasi dan mengurangi sejumlah in-efisiensi yang terjadi sepanjang proses rantai pasokan.

sumber : leancertificationonline.com

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: