//
you're reading...
03. Lean Operation

Apa Definisi Value Stream ?

Value Stream Mapping merupakan salah satu elemen kunci dari Lean dan metodologi Lean Six Sigma. Tanpa informasi yang memadai tentang value stream untuk operasi bisnis yang spesifik, menerapkan perbaikan dan peningkatan efisiensi akan tidak optimal . Apa sebenarnya value stream dan mengapa konsep tersebut penting dalam konsep lean?

Pengertian Dasar

Value stream untuk proses bisnis adalah serangkaian langkah-langkah yang terjadi untuk menyediakan produk, jasa dan / atau pengalaman keinginan pelanggan. Jadi langkah-langkah yang tidak menambah nilai, dimana proses tersebut tidak memberikan kontribusi terhadap kebutuhan pelanggan, bukan bagian dari value stream.

Nilai Pelanggan

Para pemimpin bisnis sering mengalami kesulitan membedakan antara langkah-langkah yang benar-benar nilai tambah (VA) sesuai dengan harapan pelanggan. George Michael menyatakan dalam “The Lean Six Sigma Pocket Toolbook,” pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan adalah, “Jika langkah ini dihapus, apakah pelanggan akan mengeluh?” Jika jawabannya ya, langkah benar-benar VA, jika tidak, tidak dapat dianggap VA, tak peduli betapa perlunya bagi bisnis untuk menyediakan produk atau jasa.

Pertanyaan lain untuk bertanya adalah apakah pelanggan akan membayar lebih untuk produk atau jasa atau memiliki preferensi atas produk atau jasa yang dihasilkan dalam proses tersebut?

Mengidentifikasi Stream Nilai

Mengidentifikasi value stream dalam proses bisnis, dapat dibantu dengan pertanyaan di ata. Hal ini untuk menilai apakah proses tersebut memberikan nilai tambah/value added (VA) atau tidak/non-nilai tambah (NVA). Untuk melakukan hal ini, informasi yang akurat tentang harapan pelanggan terhadap kualitas produk dan jasa.

Tujuan

Setelah value stream diidentifikasi, tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan semua langkah NVA dari proses. Dengan membuat perbaikan-perbaikan, organisasi dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi limbah dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Perbaikan Berkesinambungan

Anda mungkin berpikir untuk mengidentifikasi value stream dan menghilangkan langkah-langkah NVA sebagai proyek yang dilakukan cukup satu kali. Namun, kebutuhan dan harapan pelanggan senantiasa berubah seiring perjalanan waktu, sehingga produk dan layanan yang ada harus dinilai secara periodik untuk memastikan value stream anda masih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Value stream juga harus dilakukan sebelum membangun produk dan layanan baru.

Heidi Wiesenfelder, sumber : eHow

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: