//
you're reading...
02. Sharing Corner

Strategi Direct Marketing ala Soewarna Business Park

Tahun 2008, perusahaan-perusahaan tengah berangkat dari kondisi ekonomi yang relative jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Menatap pada rencana ke depan; marketing strategy menjadi sesuatu yang begitu penting bak denyut penentu keberhasilan perusahaan dalam mencapai target-targetnya. Oleh karenanya, beragam inovasi tengah diimplementasikan, bisa jadi awal tahun ini menjadi awal yang sibuk dan penuh kehati-hatian bagi mayoritas perusahaan dalam menjalankan strategi mereka. Beberapa konsep strategi marketing seperti Client Relationship Management, Purple Ocean Strategy, dan Hybrid Marketing yang membidik dua segment sekaligus menjadi trend diantara banyak pilihan popular lainnya.

Soewarna Business Park, pengembang kawasan komersial & pergudangan di Bandara Soekarno-Hatta yang mempunyai pasar yang sangat segmented dan high profile menjadikan tahun 2008 sebagai tahun yang penuh harapan. Seperti diketahui pasar yang digarap oleh Soewarna Business Park adalah pasar korporasi. Untuk menggarap pasar korporasi, unsur yang penting selain masalah penciptaan value (value creation) untuk pelanggan korporasi juga masalah media komunikasi yang dipakai menjadi bagian yang cukup penting bagi perusahaan.

Seperti yang diketahui, pasar yang sangat kompetitif ini para prospect client korporasi di hujani oleh berbagai macam berita dan pesan yang semuanya berlomba untuk menarik perhatian mereka. Semua pemasang iklan dan pengirim berita berusaha mengirimkan berita mengenai brand mereka agar bisa dibaca dan masuk ke pikiran mereka

Melihat fenomena ini, Soewarna Business Park, menerapkan strategi komunikasi & direct marketing yang berbeda dengan menerbitkan Soewarna Digest, sebuah majalah komunitas yang di-design dan mempunyai content seperti majalah umum lainnya, bukan seperti majalah komunitas biasanya.

Keberanian Soewarna menerbitkan Soewarna Digest ini juga didukung oleh komunitas di Soewarna yang sudah terbentuk, apakah itu dari Business Park dan pemain golf-nya. Komunitas yang ada di areal Soewarna ini mencakup lebih dari 80 perusahaan yang berasal dari perusahaan multinasional yang menjalankan bisnis di kawasan SBP, ditambah lagi seribu anggota dan 6 ribu pemain golf yang datang dan bermain di
Cengkareng Golf Club setiap bulan, serta para prospektif klien Soewarna Business Park yang terdiri dari industri Logistik, Penerbangan, Telekomunikasi, Mining & Oil, Perbankan dan juga importir dan eksportir.

Dengan mengusung tema bisnis, golf dan lifestyle, majalah ini menjadi media di kawasan bisnis Soewarna Business Park dan Bandara Soekarno-Hatta yang memanjakan pembacanya. Yang mampu memberikan inspirasi dan merangkul komunitasnya. Melihat dari konsepnya, Ishak Chandra, Senior General Manager Soewarna Business Park dan juga Publiser Soewarna Digest, mengharapkan Soewarna Digest dapat dijadikan bacaan yang bisa memenuhi kebutuhan pembaca nya dan juga diharapkan dapat menjadi alat komunikasi yang entertaining bagi pembacanya. “Kami juga tidak main-main dalam membuat Soewarna Digest, majalah ini akan berisi 60-80 halaman, full color dan dicetak sebanyak 7.500 examplar. Di edisi kedua, kami merencanakan akan mencetak majalah ini sebanyak 10 ribu eksemplar dengan kurang lebih 100-110 halaman,” ungkap Ishak.

Oleh : Taufik Hidayat – sumber : swa majalah

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: