//
you're reading...
02. Sharing Corner

Mengamankan Rantai Logistik

Sehubungan dengan peningkatan tuntutankebutuhan bisnis, pelabuhan internasional dan domestik juga ikut mengalami peningkatan persaingan. Bahkan, meningkatnya persaingan pelabuhan di negara-negara Asia dinilai lebih tinggi daripada di negara lain. Namun, persaingan tidak selalu buruk, malah banyak sisi positifnya.

Sama seperti bisnis lain, persaingan akan mendorong peningkatan kualitas produk dan pelayanan karena setiap pemain ingin menang dalam persaingan.Semua negara saat ini terus berusaha meningkatkan daya saing pelabuhan yang dimiliki dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar yang terus mengalami peningkatan. Dalam persaingan ini, pemenangnya bukan hanya pelabuhan yang memiliki peralatan lengkap dan canggih, letak geografis yang baik saja, melainkan juga memiliki kelebihan lain seperti biaya, protokoler pelayanan serta produktivitas. Di samping itu juga diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar lebih dikenal.

Patut disayangkan, saat ini daya saing pelabuhan di Indonesia kurang kuat. Berdasarkan data Kamar Dagang dan Industri (Kadin) merujuk laporan Global Competitiveness Report 2008-2009, daya saing pelabuhan Indonesia berada pada peringkat 104 dari 134 negara yang disurvei.Kelemahan pelabuhan di Indonesia terutama terletak pada kualitas infrastruktur dan suprastruktur yang kurang baik, produktivitas bongkar muat yang rendah, kondisi kongesti yang parah, serta lamanya pengurusan dokumen kepabeanan.

Untunglah hal ini disadari oleh IT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II yang segera mengam-bil lindakan untuk meningkalkan daya saingnya dengan pengadaan alat bongkar muat yang berkapasitas lebih besar dan Iebih cepat kerjanya, penambahan kapal, dan perbaikan infrastruktur serta penunjang kegiatan bongkar muat.Rendahnya produktivitas bongkar muat dicoba diatasi dengan menambah jam operasional. Pengoperasian pelabuhan yang tadinya hanya berlangsung hingga pukul 17.00, dioptimalkan menjadi 24 jam penuh, yang pasti akan berdampak besar dan meningkatkan produktivitas pelabuhan.Produktivitas diprediksi akan meningkat dua kali lipat dari kondisi saat ini, pelayanan sandar kapal juga lebih efisien dan cepat, sehingga tercapai target zew waiting. Pemindahan pelabuhan juga merupakan upaya yang sangat menunjang dalam hal ini.

Rantai logistik

Faktor lain yang tidak boleh dilupakan oleh PT Pelindo II adalah bahwa pelabuhan merupakan salah satu bagian dari rantai logistik.Pelabuhan yang memungkinkan penghematan biaya dan percepatan bongkar muat barang akan lebih banyak disukai karena berpengaruh besar terhadap keseluruhan rantai logistik. Pengurusan dokumen kepabeanan masih merupakan kendala yang besar apabila tidak dilakukan perubahan sistem kerja yang lebih ramping agar proses pengurusan dokumen dapat lebih cepat sehingga berpengaruh positif terhadap proses logistik secara keseluruhan.Pelayanan pelabuhan juga perlu memperhatikan kepuasan pelanggan. Tuntutan kebu-tuhan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan ini merupakan efek normal dari persaingan.

Ketika pemain bisnis hanya satu-satunya, maka tidak terdapat persaingan sama sekali. Pelanggan terpaksa menggunakan jasa pemain bisnis tersebut, terlepas dari apakah dia puas atau tidak. Pelaku bisnis memiliki bargaining power1 yang tinggi. Apa pun yang dilakukan pelaku bisnis terpaksa diterima oleh pelanggan meskipun mereka kurang senang.kan tetapi, ketika pelaku bisnis lain mulai bermunculan, mulailah timbul persaingan. Persaingan ini juga merupakan gejala normal karena tiap pelaku bisnis ingin memenangi persaingan. Maka, pelanggan mulai memiliki the power to chose, memiliki kemampuan untuk memilih. Mereka akan memilih pelaku bisnis yang lebih memberikan kepuasan. Pelanggan mulai bisa mengajukan keluhan atas ketidakpuasan mereka terhadap produk atau pelayanan yang tidak tepat.

Pada akhirnya, pelanggan akan menuntut kepuasan. Apakah kepuasan pelangganpelabuhan bisa diperoleh dari kelengkapan fisik, perlengkapan, peralatan, dan infrastruktur yang lebih baik saja? Imm saja jawabannya adalah tidak.Kepuasan dapat ditingkatkan ketika PT Pelindo dapat mengenali siapa pelanggan mereka, jenis barang apa yang lebih banyak singgah, bagaimana spesifikasi produk dan pelanggan, kebiasaan pelanggan bertransaksi, kecepatan proses yang diharapkan dan sebagainya. Semua data ini bisa diperoleh melalui survei internal dan eksternal sehingga upaya peningkatan daya saing pelabuhan dapal dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Lisa Nuryanti – President Director Expands Consulting – sumber : bataviase

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: